Riam Mabeh Wisata Alam yang Asri di Kabupaten Bengkayang Kalbar

Riam Mabeh Wisata Alam yang Asri di Kabupaten Bengkayang Kalbar

Riam Mabeh adalah salah satu tempat wisata alam populer yang ada di Desa Bengawan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia. Bagaimana tidak Riam yang biasa disebut kedalam bahasa Indonesia adalah Air Terjun ini masih berada di bentangan alam yang masih asri, dengan kawasan hutan konservasi Gunung Niut oleh sebab itu beberapa waktu pernah adanya bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke Riam Mabeh ini harus izin simaksi dan harus melengkapi beberapa prosedur dengan pertimbangan kawasan ini merupakan kawasan konservasi.

Memang tidak salah lagi bila Kabupaten Bengkayang mengelarkan namnya adalah Kabupaten Seribu Riam (Air Terjun). Seperti halnya riam yang akan kita bahas ini selain masih asri dan sangat indah dengan memiliki keunikan tersendiri yang mana riam ini memiliki 2 tingkatan, pada tingkat pertama kurang lebih 30 meteran dan untuk pada tingkatan ke 2 kurang lebih 40 metaran bila di ukur dari tingkatan yang ke 1. Bila ditotal saja ketinggian dari kedua tingkat Riam Mabeh ini kurang lebih 70 meter.

Baca Juga : Panjat Aur Terbalik (Panjat Bambu Terbalik) Tradisi Yang Terus Diwarisi Oleh Suku Dayak Bidayuh

Namun beberapa tahun terakhir telah diubah dan disepakati oleh pihak desa bahwa kawasan ini secara bebas untuk dikunjungi oleh kalangan pendaki dan para pecinta alam, tentunya ada beberapa syarat atau aturan mulai dari pengunjung dikenakan biaya masuk dan juga guide yang telah disiapkan oleh masyarakat desa dengan demikian semakin populer lah destinasi wisata bengkayang ini sehingga dibeberapa sosial media pemandangan air terjun ini menjadi primadona bagi para pencinta alam yang tak sabar ingin berkunjung dan menikmati anugrah sang pencipta yang ada di Kecamatan Seluas ini.

Cara Berkunjung ke Riam Mabeh Bengkayang

Bagi teman-teman yang sudah tidak sabar berkunjung ke Riam Mabeh ini, jangan kawatir penulis akan menyampaikan informasi yang detail tentang riam ini dan bagaimana cara pergi dan berapa jarak yang akan kalian tempuh bila dari Kota Pontianak.

Dengan letak wilayah berada di sebelah utara Kalimantan Barat, Kabupaten Bengkayang merupkan wilayah yang tidak dekat bila hanya berkunjung ke beberapa hari tentunya perlu waktu yang banyak. Nah untuk ke Air Terjun Mabeh dengan estimasi waktu dibutuhkan kurang lebih 6-7 jam dari Kota Pontianak ini saja baru sampai pada Desa Bengawan, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Desa menuju ke air terjun ini kurang lebih 1-2 jam dengan berjalan kaki. Pastinya kamu mesti berhati-hati karena jalan menuju ke riam ini dengan kondisi saat hujan klian harus berhati-hati karena jalanannya licin dan berlumut dan kemudian akan melewati jembatan bambu kamu perlu berhati-hati.

Dengan kondisi yang masih asri Riam Mabeh ini memiliki air yang bening mengalir deras tanpa henti dan tanpa mengenal musim diantara berbatuan berbentuk dinding yang menjadi hiasan air terjun mabeh ini. Sedangkan pepohonan yang ada disekitar riam ini bersih dan rapi yang menjulang tinggi karena tidak adanya aktifitas perusak lingkungan di sekitar air terjun ini dengan demikian keindahannya dapat mengagumkan mu.

Apabila kalian yang baru saja datang dan hampir sampai ke riam ini kalian akan mendengar deburan air yang mengalir dari berbatuan dan semakin jelas ketika telah sampai di lokasi dengan hempasan angin dan juga embun menerpa wajah sehingga terasa sejuk dan segar hingga dapat menghilangkan penat setelah berapa jam perjalanan yang cukup sulit.

Memang tidak sedikit yang berkunjung ke air terjun ini untuk mengabadikan dengan berfoto, tentunya disini banyak spot foto yang dapat menghasilkan foto-foto yang indah juga fantastik. Bila berkunjung ke Air Terjun Mabeh ini jangan lupa coba untuk mandi untuk merasakan kesejukan airnya bisa kamu rasakan sampai kelubuk hati yang paling dalam sehingga tidak jarang wisatawan yang berkunjung tidak ingin pulang. Perjalanan ke Riam Mabeh ini juga tidak lengkap apabila tidak ada pengalaman menginap semalam dilokasi air terjun mabeh ini, tentunya didampingi oleh masyarakat setempat ya, sehingga kamu akan dibuatkan api ungun, sambil menikmati ikan dan juga ayam bakar dan menikmati suasana camping dengan suasana malam gelap gulita di Riam Mabeh Bengkayang ini. Apa bila kalian yang kekurangan tenda ataupun lupa membawa tenda tenang Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa ini menyediakan tenda dan boleh kamu sewa dengan harga yang sangat terjangkau, hanya Rp 50.000/tenda, sementara harga harga sewa ini masih informasi lama untuk berjaga-jaga apabila ada kenaikan harga.

Riam mabeh ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan indah untuk dikunjung apabila berkunjung ke Kalimantan Barat. Yuk kapan kalian datang ke riam ini? jangan lupa ya untuk berbagi pengalaman seru berkunjung riam ini. Akhir kata penulis ucapkan selamat dan sukses dan sampai jumpa.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *