Pesona Riam Kuweg di Seluas Kabupaten Bengkayang

Siapa sangka bak Surga tersembunyi di Kabupaten Bengkayang salah satu tempat wisatanya yaitu Riam Kuweg, atau biar sahabat mengenal bengkayang tahu apa itu riam kuweg yang akan di artikan kedalam bahasa Indonesia yaitu “Air Terjun Kuweg”. Memang tidak salah lagi kalau Kabupaten Bengkayang di katakan sebagai kabupaten seribu riam, kesempatan kali ini mengenal bengkayang ingin berbagi kisah atau info menarik tentang riam kuweg kemudian di beri judul Pesona Riam Kuweg di Seluas Kabupaten Bengkayang. Memang harapannya mengenal bengkayang terus mengenalkan Kabupaten Bengkayang sebagai salah satu komitmen agar pembaca yang membaca dapat beroleh informasi dan edukasi lebih banyak tentang Kabupaten Bengkayang. Sehingga mengenal bengkayang semakin hari semakin berkembang lebih baik lagi dan kepada sahabat mengenal bengkayang yang akan membaca, selamat membaca.

riam_kuweg

Riam Kuweg merupakan sebutan oleh masyarakat setempat untuk air terjun yang satu ini, mengenal bengkayang belum tahu pasti kenapa air terjun ini di namai “Kuweg” bukan tanpa alasan untuk setiap penamaan tempat oleh masyarakat suku Dayak secara khusus, pastinya ada historis menjadi alasan penamaan Kuweg tersebut.

Riam Kuweg sendiri berada di Dusun Rambai, Desa Sahan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Sementara jarak dari Kota Pontianak dapat di tempuh selama 6 jam itu saja baru sampai di Desa Sahan, sementara untuk ke air terjun dapat menempuh 4 jam berjalan kaki untuk menuju ke Riam Kuweg dan menyusuri hutan serta lembah gunung niut (gunung tertinggi di Kalimantan Barat). Kalau di hitung-hitung waktu untuk sampai ke Riam Kuweg ini bisa menempuh 10 jam. Yang pasti ke tika sampai semua lelah pasti tergantikan karena keindahan alam dan bentuk air terjun Kuweg yang menakjubkan.

Riam Kuweg dan Karakteristiknya

Riam Kuweg ini merupakan salah satu Riam yang sangat menakjubkan yang di miliki oleh Kabupaten Bengkayang, bagi para wisatawan yang pernah ke sana mereka sangat puas dan berkata ke pada mengenal bengkayang riam ini merupakan air terjun surga, karena keindahan alamnya yang masih asri.

riam_kuweg_bengkayang

Riam Kuweg ini memiliki 5 tingkat dan 3 tingkat tertinggi dapat mencapai 30 meter. Kemudian jika sahabat mengenal bengkayang berada di puncak Riam Kuweg sahabat mengenal bengkayang dapat menyaksikan keindahan hutan yang masih asri dan mengenal bengkayang sangat yakin sahabat pasti terkagum-kagum akan keindahan alamnya.

Pada bagian bawah sahabat mengenal bengkayang dapat menyaksikan keindahan air yang mengalir pada susunan berbatuan yang tersusun. Sayangnya di Riam Kuweg ini tidak ada terdapat kolam pada beberapa tingkatan riamnya, hanya pada bagian bawah air jatuh pada tingkat terakhir baru ada kolam dan di sinilah biasanya para wisatawan yang berkunjung di sini dapat mandi dan melakukan aktifitas lainnya.

Saat berada di Riam Kuweg ini sahabat mengenal bengkayang dapat melihat ke air yang sangat jernih dan sejuknya serasa dari air lemari es. Tidak terbayangkan sejuknya berada di lokasi Riam Kuweg dan mengenal bengkayang saranin pada saat ingin berkunjung setidaknya perlu banyak waktu, baik itu saat di jalan dan saat berada di Riam Kuweg selain jaraknya yang jauh, betah dan persiapan tenaga kembali untuk pulang itu sangat perlu.

Nah sedemikian panjang ya informasi mengenal bengkayang kali ini tentang Riam Kuweg, ya harapannya informasi ini dapat berguna untuk sahabat mengenal bengkayang semua. Semoga artikel Pesona Riam Kuweg di Seluas Kabupaten Bengkayang dapat menjadi referensi liburan menantang sahabat semua. Akhir kata mengenal bengkayang ucapkan sampai jumpa di next artikel selanjutnya dan salam sehat 💪

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *