Bengkayang Kalimantan Barat dan Wajah Barunya

Bengkayang Kalimantan Barat dan Wajah Barunya

Bengkayang Kalimantan Barat dan wajah barunya, memang begitu indah suasana imlek pada tahun 2023 ini yang mana beberapa sudut jalan dan gang-gang dihiasi, menghiasi Pasar Kabupaten Bengkayang, sehingga tampak baru wajah dari pasar Kabupaten Bengkayang yang sangat indah dan juga bersih. Oleh sebab itu Mengenal Bengkayang kali ini menulis sedikit tentang keindahan Kabupaten Bengkayang saat ini.
Kabupaten Bengkayang adalah merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia yang juga berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia, antara Kecamatan Jagoi Babang dan Serikin wilayah Malaysia.
Kabupaten Bengkayang memang dikategorikan wilayah yang sangat spesial di Kalimantan Barat, bagaimana tidak wilayahnya terdapat dari dataran tinggi sehingga banyak terdapat tempat Wisata Air Terjun yang sangat indah ada di Kabupaten Bengkayang oleh sebab itu Bengkayang menyebutan dirinya sebagai Kabupaten Seribu Riam, Wisata Budaya yang sangat khas dan terkenal di Indonesia bahkan di Mancanegara, Wisata Kuliner yang lezat dan Wisata Bahari yang juga populer di Kalimantan Barat.
Kesempatan libur cuti bersama dalam rangka perayaan imlek kemarin penulis menyempatkan diri untuk jalan kembali ke Kabupaten Bengkayang tercinta, tampak beberapa sudut pasar Kabupaten Bengkayang telah banyak berubah, selain dengan hiasan perayaan imlek tentunya beberapa titik yang ada di Pasar Bengkayang ini juga turut berubah baik dari pembangunan dan hiasan kota yang mulai di tata dengan rapi.
Tak luput dari pandangan penulis beberapa titik yang dulunya kumuh sangat berbanding terbalik pada saat penulis datang pada saat itu. Terutama di Gg. Sentosa (dulunya di sebut gang Babi) gang ini dahulunya adalah tempat yang paling kumuh kalau menurut penulis, yang mana sampah dan barang bekas memenuhi gang tersebut, tetapi sekarang inilah penampakan Gang Sentosa atau yang dulunya di sebut Gg. Babi
bengkayang_pontianak

Tampak Gang Sentosa ini sudah berih, rapi dan sangat indah sudah dihiasi dengan lukisan mural yang indah pastinya memiliki arti yang sangat mendalam untuk untuk Kabupaten Bengkayang, jalannya telah di beri Paving dan diwarnai dan berapa bunga sakura khas imlek juga dipajang menambah semaraknya imlek di gang tersebut dan mencerminkan Kabupaten Bengkayang yang semakin lebih baik.

Tidak jauh dari Gang Sentosa tersebut tampak di tengah Jalan Raya Jerendeng Abdul Rahman yang dulunya tampak luas, kini jalan tersebut telah dibagi menjadi dua dan telah di bangun ornamen tiang yang kokoh dengan motif dayak dan terdapat juga tempayan yang sangat kental khas dari suku dayaknya, juga berapa penerangan jalan umum sudah terpasang sehingga di waktu malam pastinya sangat indah. Pada foto berikut penulis tampilkan fotonya.
pasar_bengkayang
Kemudian tidak jauh dari situ tampak pula di Jalan Migang dihiasi penuh dengan ornamen imlek, dikarenakan di wilayah ini terdapat Vihara Arimarama yang pastinya umat yang ada di Vihara ini merayakan imlek sehingga tidak luput untuk menghias baik itu Vihara bahkan di sepanjang Jalan Migang ini sehingga sangat indah. Berikut foto yang di abadikan oleh penulis ketika melintas di Jalan Migang.
jalan_migang_bengkayang
Harapan penulis untuk Kabupaten Bengkayang hari ini sampai saat nanti, semoga Kabupaten Bengkayang semakin lebih baik, ayo masyarakat Kabupaten Bengkayang mari bersama membangun Kabupaten Manjadi Lebih Baik lagi, jangan memandang suku, agama dan ras untuk menjadi lebih baik. Semoga kedepannya daerah yang masih tertinggal di Kabupaten Bengkayang baik itu infrastruktur dan penerangan di polosok semakin terjamah oleh pembangunan yang merata. Akhir kata penulis mohon pamit, bila ada salah kata atau kehilafan mohon untuk dimaafkan. Sampai jumpa salam sehat

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *