Pulau Lemukutan Singkawang? Bukan, Lemukutan Berada di Daerah Pemerintahan Kabupaten Bengkayang
Sumber : Oki Januardi Google Maps - Tentang pemandangan indah di Pulau Lemukutan Kabupaten Bengkayang ini.

Pulau Lemukutan Singkawang? Bukan, Lemukutan Berada di Daerah Pemerintahan Kabupaten Bengkayang

Banyak orang mengatakan bahwa Pulau Lemukutan Singkawang. Ternyata pulau ini adalah sebuah pulau di Kalbar yang luasnya kecil yang terletak di perairan Kalimantan, Indonesia. Pulau ini terletak di tengah Selat Karimata, di perairan Indonesia bagian barat. Selat Karimata terletak antara Pulau Sumatra dan Kalimantan, dan menghubungkan Laut Jawa dengan Laut China Selatan. Pulau Lemukutan sendiri terletak di bagian timur Selat Karimata, di Kepulauan Riau. Meskipun tidak sebesar pulau-pulau di sekitarnya, Pulau Lemukutan menawarkan pesona alam yang memukau dan menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Pulau Lemukutan ini berada di wilayah Pemerintah Kabupaten Bengkayang, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan. Salah satu daya tarik utama Pulau Lemukutan adalah keindahan alamnya yang masih sangat alami dan terjaga. Pulau ini terdiri dari perairan yang jernih dengan kondisi pulau lemukutan saat ini. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam ini dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai, berenang atau snorkeling di laut yang jernih, atau bahkan berkeliling pulau dengan perahu.

Selain itu, Pulau Lemukutan juga memiliki kekayaan laut yang melimpah. Perairan di sekitar pulau ini menyimpan berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya, seperti ubur-ubur, bintang laut, dan terumbu karang yang indah. Karena itu, pulau ini juga menjadi tujuan favorit bagi para penggemar diving dan snorkeling.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat mengunjungi desa-desa nelayan di sekitar Pulau Lemukutan. Desa-desa ini merupakan tempat tinggal bagi sekitar 300 orang yang hidup dari hasil laut. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang cara hidup dan kebudayaan masyarakat nelayan setempat serta mencoba makanan laut yang lezat.

Namun, perlu diingat bahwa karena Pulau Lemukutan masih tergolong pulau yang terisolasi, akses ke pulau ini terbatas. Untuk mencapai pulau ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 4-5 jam dengan Mobil atau Motor dari kota Pontianak di Kalimantan Barat. Namun, perjalanan yang cukup jauh ini akan terbayar dengan keindahan alam yang luar biasa dan pengalaman yang tak terlupakan.

Secara keseluruhan, Pulau Lemukutan adalah tempat yang indah dan layak untuk dikunjungi bagi siapa saja yang mencari pengalaman wisata yang berbeda. Keindahan alam yang masih alami dan perairan yang kaya akan kehidupan laut menjadikan Pulau Lemukutan sebagai tempat yang menarik untuk dijelajahi dan dijadikan sebagai alternatif destinasi wisata di Kalimantan Barat.

Penginapan di pulau lemukutan

Ada beberapa opsi untuk sahabat mengenal bengkayang bila menginap di Pulau Lemukutan Bengkayang ini diantaranya adalah :
  • Home Stay Lemukutan Island
  • Penginapan dan kantin daffa 2
  • Villa Tanjung Jati
  • Tanjung jati bang tutu
  • Villa Herva
  • Lemukutan Beach Homestay
  • Homestay Uningmu Lemukutan Island
  • Penginapan Persian
  • Laila Mayaya Park
  • Homestay Niur Melambai
pulau_lemukutan_singkawang
Sumber : Obest Melayu – Home Stay Niur Melambai Pulau Lemukutan
  • HAS Home Stay
penginapan_di_pulau_lemukutan
Sumber : Wahyu Waskito – HAS Home Stay

Biaya ke pulau lemukutan

Biaya untuk pergi ke Pulau Lemukutan di Kalimantan Barat dapat berbeda-beda tergantung dari transportasi yang digunakan dan juga penginapan yang dipilih. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya perjalanan ke Pulau Lemukutan antara lain:
  • Transportasi: Biaya transportasi dapat bervariasi tergantung pada transportasi yang digunakan untuk pergi ke Pulau Lemukutan, kapal laut, atau perahu.
  • Akomodasi: Biaya akomodasi di Pulau Lemukutan juga bervariasi tergantung pada jenis akomodasi yang dipilih, mulai dari homestay atau resort dan penginapan lainnya.
  • Aktivitas wisata: Biaya untuk melakukan aktivitas wisata di Pulau Lemukutan seperti snorkeling, diving, atau tour pulau juga dapat memengaruhi total biaya perjalanan.

Sejarah pulau lemukutan

Pulau Lemukutan adalah salah satu pulau yang terletak di Laut Karimata, bagian barat Kalimantan Barat, Indonesia. Pulau ini memiliki sejarah yang menarik sebagai salah satu pusat perdagangan rempah-rempah di Indonesia pada abad ke-19 dan ke-20.
Pada masa kolonial Belanda, Pulau Lemukutan menjadi salah satu pusat perdagangan rempah-rempah seperti cengkeh, lada, dan kayu manis di Kalimantan Barat. Belanda membangun sebuah pos dagang di Pulau Lemukutan untuk mengatur perdagangan rempah-rempah di daerah tersebut. Pada saat itu, pulau ini menjadi sangat strategis karena lokasinya yang dekat dengan daerah penghasil rempah-rempah seperti Pontianak, Sambas, dan Mempawah.
Selain perdagangan rempah-rempah, Pulau Lemukutan juga pernah menjadi tempat pengasingan bagi tokoh nasional Indonesia seperti HOS Cokroaminoto dan RA Kartini pada masa penjajahan Belanda. Selama masa penjajahan tersebut, Pulau Lemukutan dijadikan sebagai tempat pengasingan bagi para tokoh yang dianggap berbahaya dan dapat memimpin perlawanan terhadap pemerintah kolonial.
Setelah Indonesia merdeka, Pulau Lemukutan menjadi destinasi wisata yang menarik karena keindahan alamnya. Sekarang, Pulau Lemukutan telah menjadi tujuan wisata yang populer di Kalimantan Barat dengan keindahan pantainya, terumbu karang yang indah, dan keanekaragaman hayati laut yang menakjubkan.

Cara pergi ke pulau lemukutan

Untuk pergi ke Pulau Lemukutan di Kalimantan Barat, ada beberapa jalur transportasi yang dapat digunakan tergantung pada lokasi awal Anda. Berikut beberapa jalur transportasi yang dapat digunakan untuk pergi ke Pulau Lemukutan:
Pesawat terbang: Anda dapat terbang ke Bandara Supadio di Pontianak, Kalimantan Barat, dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menyewa transportasi darat ke pelabuhan terdekat seperti Pelabuhan yang ada di pantai samudra indah singkawang atau Pelabuhan Teluk Suak yang ada di Desa Karimunting. Dari sana, Anda dapat menumpang kapal atau perahu untuk menuju Pulau Lemukutan.
Perahu: Anda juga dapat menyewa perahu dari daerah sekitar Pulau Lemukutan seperti Teluk Suak, Pulau Lemukutan atau Atau pelabuhan yang ada di Pantai Samudra Indah. Namun, cara ini mungkin lebih sulit karena harus mencari penyedia perahu yang dapat mengantar ke Pulau Lemukutan.

Penyebrangan lemukutan

Tadi diatas juga telah kita bahas dengan topik bagaimana cara pergi ke pulau lemukutan tentunya untuk akses ke Pulau Lemukutan sahabat Mengenal Bengkayang dapat menggunakan Pesawat untuk datang ke Kalimantan Barat, kemudian 3 jam perjalanan darat ke arah Kota Singkawang, namun pelabuhan yang ada di Teluk Suak berada sebelum Kekota Singkawang, setelah itu sahabat Mengenal Bengkayang dapat menyewa Kapal Penyebrangan untuk Kelemukutan perjalannya dapat menempuh 1 jam. Kalau di total-total 4 jam perjalanan bila dari Kota Pontianak.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *